2,3 Juta Unit Motor Honda Ludes pada Semester Pertama Tahun Ini

JAKARTA, IOTOMOTIF.com – Sepanjang semester pertama tahun ini, PT Astra Honda Motor (HPM) berhasil membukukan penjualan sebanyak 2.336.417 unit motor dan menikmati 60,1 persen dari total penjualan pasar sepeda motor nasional sebanyak 3,39 juta unit. Dengan raihan tersebut, AHM juga sangat optimis bisa mencapai penjualan minimum 4,3 juta unit hingga akhir tahu ini dengan target omzet Rp 55,9 triliun.

“Rata-rata harga produk Honda sekitar Rp 12-13 juta per unit. Hitung saja kira-kira omzetnya,” jelas Johannes Loman, Wakil Presiden Dirketur Eksekutif AHM di Jakarta Selatan, semalam (10/7/2013).

Selain itu juga dijelaskan bahwa total penjualan sepeda motor nasional berhasil naik hingga 6 persen pada Januari-Juni 2013. Namun, di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi mengalami penurunan yang cukup tajam. Honda sendiri berhasil mengalami peningkatan penjualan yang naik 12 persen, lebih tinggi dari pertumbuhan penjualan nasional.

“Data kami, penjualan di Pulau Jawa naik 16 persen. Di luar itu (Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi), minus,20 sampai 25 persen,” lanjut Loman.

Meskipun mengalami peningkatan penjualan, namun kalangan eksekutif AHM khawatir akan dampak dari kenaikan bahan bakr bersubsidi yang memang hingga saat ini belum berpengaruh besar terhadap pasar. Apalagi, Bank Indonesia memprediksi bahwa tahun ini inflasi akan naik 0,5-1 persen disebabkan kenaikan harga BBM.

“Bulan ini dampak masih belum terlihat, Agustus kondisi pasar juga belum normal karena banyak liburan. September kemungkinan baru terlihat,” beber Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran AHM.

Sampai akhir tahun, AHM terus berupaya untuk bisa memperoleh minimum 60 persen pangsa pasar, sesuai target pada awal tahun. Dan ternyata target tersebut sudah bisa tercapai pada enam bulan pertama tahun ini.

“Animo menjelang lebaran, gaji ke-13 PNS dan hasil panen yang baik, akan menopang pertumbuhan penjualan.  Namun,  apakah bisa bertahan sampai September, masih kita tunggu,” tutup Margono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here