Sebastian Loeb & Peugeot Berhasil Pecahkan Rekor di Pikes Peak 2013

COLORADO, IOTOMOTIF.com – Sebastian Loeb dan Peugeot berhasil memecahkan rekor waktu tercepat di Pikes Peak International Hill Climb 2013. Juara WRC sembilan kali ini berhasil mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Rhys Millen sejak tahun lalu tersebut dengan mengendarai Peugeot 208 T16.

Pikes Peak Hill Climb sendiri merupakan ajang motorsport tertua kedua di Amerika Serikat setelah ajang Indianapolis 500. Dan pada Pikes Peak Hill Climb 2013 ini sekaligus menjadi penampilan perdana Peugeot setelah selama 25 tahun absen dari ajang tersebut.

Kolaborasi Loeb dan Peugeot ini berhasil mencatatkan waktu 8 menit 13,878 detik, artinya Loeb berhasil lebih cepat 91 detik dari rekor yang sebelumnya dibukukan oleh Millen dengan catatan waktu 9 menit 46,164 detik.

Kecepatan Loeb yang bergabung di kelas Unlimited ini sontak saja menjadi sorotan sepanjang akhir pekan, hal tersebut tak lepas dari pemecahan rekor pembalap asal Perancis yang pada kesempatan pertama pencatatan waktu. Loeb bahkan membawa melesat mobilnya ke puncak bukit yang terletak di pegunungan Colorado tersebut lebih cepat dari yang diperkirakan oleh komputer Peugeot Sport.

“Saya benar-benar tidak mengira akan lebih cepat dari 8 menit 15 detik, sehingga untuk melakukan 8:13 sangat fantastis. Sebelum start saya tidak benar-benar tahu apakah harus benar-benar maksimum atau apakah aku harus dalam kecepatan nyaman, dalam tujuan untuk memastikan kemenangan. Pada akhirnya, saya memutuskan untuk mendorong sampai batas,” komentar Loeb.

Prestasi yang telah dibukukan oleh Loeb dan Peugeot ini sekaligus menjadi kesuksesan kedua bagi Peugeot di ajang Pikes Peak. Sebelumnya, Peugeot juga sukses bersama Ari Vatanen dengan Peugeot 405 T16 yang menjadi pembalap/mobil tercepat pada 1988, dengan mencatatkan rekor waktu 10 menit 47,220 detik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here