Sponsored Video: Volvo Trucks’ Fuelwatch Competitions, Adu Irit Bahan Bakar Para Supir Truk se-Asia

[quote style=”1″]Volvo merupakan merek otomotif yang pernah berjaya di Indonesia, terutama saat-saat masa order baru dimana Volvo dipakai sebagai kendaraan menteri di masa itu. Kali ini kita tidak membicarakan mobil penumpang Volvo, tetapi merek Volvo sebagai kendaraan truk. Truk Volvo dikenal memiliki performa dan karakter tangguh dan memiliki efisiensi bahan bakar yang baik.[/quote]

Isu bahan bakar minyak (BBM) menjadi sebuah wacana menarik dalam setiap tahunnya. Setiap pabrikan otomotif berlomba-lomba meningkatan efisiensi bahan bakar pada produknya. Termasuk Volvo yang selalu mengedepankan efisiensi bahan bakar pada kendaraan yang diproduksi. Terutama pada kendaraan jenis truk yang bisa dibilang tidak irit dalam konsumsi bahan bakarnya. kendaraan jenis truk sendiri memegang peranan penting dalam setiap negara, dimana kendaraan ini menjadi alat transportasi utama untuk distribusi dan pengiriman barang antar daerah. Menyadari hal tersebut, Truk Volvo menyematkan berbagai teknologi modern pada setiap kendaraan truknya untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Tuk Volvo 2014

Tidak cukup sampai disitu, ternyata faktor penentu efisiensi bahan bakar tidak hanya pada mesin dan teknologi yang digunakan. Hal lain yang lebih penting adalah cara dan kebiasaan sang pengendara itu sendiri. Dengan satu kendaraan truk yang sama, dimana dilakukan pengujian yang berbeda pada dua pengendara, hasil yang didapat dari kedua pengendara tersebut ternyata memiliki penggunaan konsumsi bahan bakar yang berbeda.

Truk VolvoUntuk meningkatkan Awareness pengendara truk dalam hal efisiensi bahan bakar, Volvo Truck menggelar kompetisi adu irit untuk kendaraan Truknya yang dinamakan Volvo Trucks Fuelwatch Competition. Merupakan program tahunan yang bertujuan untuk mendukung efisiensi bahan bakar maksimum pada armada truk operasional maupun armada truk. Fuelwatch berkomitmen untuk memberi edukasi kepada para supir truk dalam mendapatkan performa maksimal sekaligus meminimalisir biaya dalam pengurangan penggunaan bahan bakar.

Salah satu peserta kompetisi ini, seorang supir truk dari Cina bernama Mr.Liu, meninggalkan negara asalnya untuk pertama kalinya dalam rangka mengikuti Volvo Trucks Fuelwatch Champion 2013 di Australia dan berkompetisi dengan lebih dari 2.500 supir yang berpartisipasi dalam ajang internasional ini di Asia.

“Saya sangat senang mengendarai Truk, khususnya Truk Volvo yang memiliki desain yang manusiawi, memberikan kenikmatan tersendiri ketika mengendarainya. Saya senang mengikuti kompetisi ini dan bangga mendapat kesempatan mengikuti Asia-Pacific Final sebagai wakil juara dari China. Saya merasa bangga menjadi pengemudi Truk Volvo”, ungkap Mr Liu.

Volvo Trucks' Fuelwatch competitionsFuelwatch merupakan ajang yang unik dan kreatif dalam pendekatan ke arah lingkungan yang lebih baik sekaligus memaksimalkan keuntungan pemilik truk berkat efisiensi bahan bakar yang baik sebagai bagian dari komitmen yang lebih luas dari Truk Volvo untuk mendukung teknologi dan mengurangi emisi karbon.

Dalam kompetisi ini para pengemudi truk lomba adu irit dalam efisiensi penggunaan bahan bakar truk Volvo. Dan pemenang kompetisi akan dipilih berdasarkan teknik mengemudi serta keiritan dan efisiensi bahan bakar yang dicapai saat menjalani kompetisi.

Sebelumnya, untuk memberi edukasi kepada para supir truk dalam penggunaan teknologi truk dan teknik cara mengemudi efisien, Volvo Truck telah mengadakan pelatihan kusus sejak tahun lalu. Dimana sejak 2012 hingga saat ini, lebih dari 2000 supir truk merasakan menfaat dari pelatihan ini. Volvo Truck akan terus memberi pelatihan dan edukasi sebagai salah satu program sosial dan komitmen awalnya.

Tentunya ajang kompetisi tahunan Volvo Trucks’ Fuelwatch competitions dapat menjadi pionir dalam meningkatkan kesadaran para pengemudi truk mengemudi lebih baik dan efisien.

 

Artikel ini disponsori oleh Volvo
Gambar/video: Volvo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here