Test Ride Yamaha Force, Lincah Belah Kemacetan Jakarta

IOTOMOTIF.com – Yamaha Indonesia Motor Manufacturing telah merilis sepeda motor bebek terbarunya, Yamaha Force 2013 yang diklaim sebagai bebek generasi baru yang lebih modern dan canggih.

Yamaha Force sendiri tidak lepas dari eksistensi Vega, dimana kedua motor ini menggunakan basis yang sama namun Force diklaim lebih agesif dan sporti. Yamaha Force terbaru ini mendapat desain yang segar, termasuk rangka baru. Dipersenjatai mesin yang sama dengan Yamaha Vega, yakni mesin injeksi berkapasitas 115 cc.

Kali ini iotomotif berkesempatan untuk menjajal bebek modern ini membelah kemacetan di jalanan Ibu Kota. Yamaha sengaja memberikan kombinasi warna pada bodi samping hingga sayap. Lampu sein dibuat lebih menyipit menyesuaikan dengan lekukan bodi, sehingga terlihat seperti mata. Sayap bagian bawah juga didesain lebih melengkung agar pengendara tidak terkena cipratan air ketika melewati genangan di saat hujan. Force menggunakan pelek tipe casting wheel, dengan bentuk mirip Jupiter Z1.Untuk suspensi, tidak berbeda jauh dari Yamaha Vega terbaru, secara keseluruhan bebek ini memiliki proporsi bodi yang ideal untuk membelah kemacetan.

Mulai melaju dengan bukaan gas dan diiringi kenaikan gigi secara bertahap. Akselerasinya cukup responsif. Torsi yang besar cocok buat perkotaan dengan karakter stop and go. Data yang diberikan Yamaha menunjukan power Force mencapai 8,72 PS di 7.000 rpm dan torsinya 9,53 Nm pada 5.500 rpm.

Dengan torsi besar, Force tak kewalahan ketika menanjak di beberapa jalan layang dan flyover, meski berboncengan. Untuk suspensi tetap nyaman, kendati melewati beberapa kondisi jalan yang kurang baik.

Saat melakukan manuver di tengah lalu lintas yang padat dan cendrung macet, Force cukup lincah serta stabil. Itu salah satunya berkat bobot yang relatif ringan. Cukup sulit buat melihat berapa top speed Force karena keterbatasan area, tapi motor ini bisa menyentuh angka 100 km/jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here