Mazda Bangun Pabrik Baru di Negeri Jiran Malaysia

IOTOMOTIF.com –Kendati pasar mobil di Malaysia hanya setengah dari pasar mobil di Indonesia, namun sepertinya Mazda lebih tertarik untuk membangun pabrik barunya di Negeri Jiran tersebut.

Terbukti, Mazda Motor Corporation (MMC) secara resmi mengumumkan bahwa Mazda Malaysia – perusahaan patungan yang merakit dan menjual Mazda di Malaysia telah membeli perakitan atau perusahaan karoseri (body shop) Inokom Corporation Sdn. Bhd., sekaligus mengumumkan secara resmi pembangunan pabrik barunya yang sudah mulai di bangun pada Mei lalu.

Selama ini, Inokom memang ditunjuk secara ekslusif dan diberi kepercayaan oleh Mazda Malaysia untuk merakit mobil Mazda yang akan di jual negera tersebut. Mazda Malaysia sendiri adalah perusahaan patungan, MMC (70 persen) dan Bermaz Motor Sdn.Bhd (30 persen).

Menurut MMC, Inokom adalah perusahaan karoseri yang merakit khusus Mazda di Kulim, Negara bagian Kedah. Dengan memiliki pabrik sendiri, Mazda Malaysia berharap bisa menentukan dan mengubah rencana produksi serta kontrol kualitas dengan cepat.

Pabrik terbaru Mazda di Malaysia ini diperkirakan akan selesai pada tahun depan. Dan nantinya, Mazda CX-5 yang saat ini dirakit di Inokom, akan dipindahkan ke pabrik baru ini yang letaknya berdampingan dengan pabrik perakitan lama.

Untuk mewujudkan ini, Mazda harus rela mengucurkan dana sekitar 100 juta ringit atau sekitar Rp 100 miliar. Dengan hadirnya pabrik baru di Malaysia ini, Mazda berharap produksinya di Malaysia akan bertambah 20.000 unit per tahun-nya.

“Kami menjadikan Malaysia sebagai basis kunci di ASEAN dan sangat senang membeli perusahaan ini. Kami juga mendirikan fasilitas perakitan baru. Kami akan terus memperkuat produksi lokal dan bermitra dengan Bermaz dan Inokom,” jelas Yuji Nakamine, Direktur Mazda dan Sernior Managing Executive Officer, Mazda Motor Corp., juga President Mazda South East Asia Ltd.

Adapun mobil-mobil Mazda yang dirakit oleh Mazda Malaysia saat ini adalah Mazda3 dan CX-5 yang juga akan dijual di negara itu. Direncanakan, produk kedua model tersebut bisa tembus 3.000 unit pertahun.

Dan bukan tidak mungkin, nantinya Mazda CX-5 yang saat ini menjadi andalan utama Mazda di Indonesia, juga akan diimpor dari pabrik Mazda di Malaysia agar nantinya CX-5 hadir dengan harga yang lebih terjangkau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here