Owner's Guide

Tips Mendongkrak Mobil Dengan Aman

Mendongkrak mobil, merupakan hal vital yang sering tidak dapat dilakukan pemilik kendaraan. Apabila salah meletakkan dongkrak, akibatnya komponen mobil bisa rusak dan sangat merepotkan.

Berikut ini tips mendongkrak mobil dan penempatan dongkrak yang benar.  Sebenarnya, di buku panduan setiap mobil sudah ada petunjuk  peletakkan dongkrak yang baik dan benar. Bahkan ada pula tata cara mudah mengganti ban sesuai dengan karakter dan jenis mobil.

Jika buku panduan sudah tak punya (hilang), mungkin informasi di bawah ini bisa membantu, terutama untuk model dongkrak (standar) berbentuk berbentuk ketupat.

Mendongkrak Mobil Jenis Sedan

Posisi dongkrak  sudah disediakan di bagian kolong di bawah pintu depan (untuk ban depan) dan belakang. Di situ tersedia semacam lempengan besi baja yang nongol untuk dimasukkan ke lubang bagian atas dongkrak.

Jangan mendongkrak di bawah arm karena komponen tersebut. Karena, selain bahannya tidak kuat, ban tidak terangkat hanya sokbreker saja yang mendapat tekanan.

Mendongkrak Mobil Jenis MPV dan SUV

Jenis MPV yang menggunakan kerangka sasis bisa dijadikan titik tumpuan untuk mendongkrak. Posisinya sama seperti di sedan, untuk roda depan di bawah kolong pintu depan dan roda belakang di kolong bawah pintu belakang. Kalau MPV bersasis monokok, posisi dongkrak sama seperti di sedan.

Selain di posisi tersebut, untuk MPV maupun SUV, arm depan di bagian dalam yang menempel sasis bisa digunakan sebagai tempat yang pas. Selain lebih kuat juga bisa mengangkat ban dengan baik.

Jangan lupa, sebelum mendongkrak pastikan rem parkir sudah aktif atau bisa dengan mengganjal ban dengan batu atau balok pada ban yang tidak didongkrak. Jika melakukannya di pinggir jalan pasang pula segitiga pengaman beberapa meter dari lokasi mobil sebagai penanda pengguna jalan lain.

Review Toyota 86 Sportscoupe

Previous article

Lomba Gambar Toyota Dream Car Art Contest Indonesia 2018

Next article

You may also like