JAKARTA, IOTOMOTIF.com – Mobil sport listrik Tucuxi yang telah dibangun oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan memang sudah hancur akibat tabrakan. Dan kini, Mantan bos PLN ini kembali membangun sebuah mobil sport listrik lainnya yang dinamakan Selo.

Desain mobil sport listrik Selo itu kini sudah muncul ke publik. Desain mobil sport listrik terbaru tersebut dapat Anda lihat di buku ‘Electric Car Made in Indonesia’, Karya Pandawa Putra Petir Binaan Menteri BUMN Dahlan ISkan yang diterbitkan oleh PT JePe Press Media Utama.

Mobil sport listrik dengan balutan warna kuning ini juga diharapkan bisa mendekati ‘kesaktian’ Ki Ageng Selo dalam mitos Jawa.

Sebenarnya tidak banyak keterangan mengenai mobil Selo ini. Dalam buku tersebut hanya menulis tentang Ki Ageng Selo yang memiliki beragam kesaktian, termasuk menangkap petir dan memanfaatkannya sesuai keinginan. Mungkin itu pulalah yang sepertinya ingin dilakukan oleh mobil sport listrik Selo. Dengan menggunakan tenaga listrik, mobil karya anak bangsa ini ingin berlari kencang.

Selo yang dikatakan Dahlan akan menggunakan gearbox ini dikembangkan oleh Ricky Elson, salah satu anggota dari ‘Putra Petir’, tim yang dibangun Dahlan untuk mengembangkan potensi kendaraan listrik di Indonesia.

Mobil sport listrik Selo ini rencananya juga akan dipamerkan di KTT Apec di Bali yang akan berlangsung pada Oktober 2013 mendatang. Jika melihat desain dari Selo, tidak dipungkiri bahwa mobil sport listrik karya anak bangsa ini memang cukup seksi. Garisnya mengalir memperlihatkan aerodinamika kendaraan.

Desain lampu depan Selo pun tampil dinamis dan terlihat serasi dengan guratan garis di body samping yang kemudian mengalir ke tail lamp di buritannya. Secara keseluruhan desain mobil sport listrik Selo ini memang terlihat mengesankan meskipun garis desainnya sepintas mirip dengan garis desain McLaren atau Saleen Raptor.

Baca  BMW Yakin Mobil Listrik Buatannya Akan Laris Manis di Tiongkok

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi tentang seberapa kuat motor listrik yang akan disematkan pada mobil ini. Begitu juga dengan kapasitas baterai listriknya, sehinga belum diketahui seberapa kencang mobil ini, termasuk akselerasi dan tenaga yang dihasilkannya.

Untuk desain dan pengembangannya, Dahlan mempercayakannya sepenuhnya mobil sport listrik Selo ini pada Ricky Elson. Sedangkan untuk harganya, Dahlan menuturkan bahwa harga mobil Selo ini akan lebih murah dari Tucuxi yang mencapai Rp 1,5 miliar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here