Home » News » Ragam » Otopedia » Kilas Balik, 10 Tahun Perjalanan Toyota Vios (2003-2013) Penerus Soluna
Otopedia Nasional

Kilas Balik, 10 Tahun Perjalanan Toyota Vios (2003-2013) Penerus Soluna

IOTOMOTIF.com – Toyota Vios telah menjadi salah satu sedan subkompak (segmen-B) terlaris di Indonesia. Sejak pertamakali diperkenalkan pada tahun 2003 silam setelah berakhirnya era sedan Toyota Soluna sekaligus menjadi penerusnya. Hingga saat ini, kehadiran Toyota Vios 2013, selama 10 tahun Vios memberi warna tersendiri pada industri otomotif Tanah Air.

Toyota Soluna melapangkan jalan bagi kehadiran Toyota Vios pada Mei 2003. Sedan Toyota Vios generasi pertama (2003) menawarkan kenyamanan sebuah sedan dengan tetap tidak mengabaikan unsur value for money. Selanjutnya, dua tahun berselang Toyota Vios mengalami penyegaran pada Oktober 2005. Permintaan akan sedan Vios juga semakin meningkat berkat ketangguhan bisa dihandalkan dan ekonomis, terutama dalam efisiensi konsumsi bahan bakar.

Toyota Vios Gen-1 2003

Respon konsumen yang antusias ditanggapi Toyota dengan menghadirkan Toyota Vios generasi kedua (2007) tepat pada bulan Maret 2007 dengan mengusung slogan ‘Fuel Saver Speed Maker yang menegaskan posisi Vios sebagai sedan yang irit tapi tetap memberikan keasyikan berkendara lewat performance-nya.

Toyota Vios Gen-2 2007

Pada bulan Maret 2010, Toyota Vios generasi kedua menjalani facelift minor change yang membuat penampilannya lebih elegan. Dilanjutkan tiga tahun kemudian, Mei 2013, akhirnya Toyota Vios generasi ketiga (2013) diluncukan di Indonesia, dengan konsep dinamis dan elegance sesuai harapan penggemarnya.

Toyota Vios Gen-3 2013

Ketangguhan, daya tahan dan efisiensi Vios juga dilirik operator taksi. Varian Toyota Limo mendominasi hingga 90 persen di segmen taksi. “Problem Limo itu cuma satu, pasokannya kurang. Kami tidak mampu memenuhi permintaan perusahaan taksi,” jelas Johnny Darmawan, President Direktur PT Toyota-Astra Motor.

Dalam sepuluh tahun perjalannya, Vios diterima baik oleh konsumen, hal ini terbukti dari market share-nya di pasar otomotif Indonesia. Sejak tahun 2007 market share Vios sudah 41 persen. Dan dominasi pasar terus meningkat hingga tahun lalu mencapai 47 persen. Toyota Vios dan Limo menjadi dua model dari Sembilan model sedan yang pernah diluncurkan di Indonesia selama 40 tahun operasi bisnis Toyota di Indonesia. Model-model lainnya antara lain, Corolla, Corona, Camry, Cressida, Crown, Toyota GT86.









Get a weekly email with best free content
Subscribe