Toyota Vios Akan Dirakit di Indonesia Jika Pemerintah Memberi Insentif

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Sejak tahun 2011 silam, Toyota Indonesia memang berkeinginan untuk merakit sedan subkompak Toyota Vios di Indonesia. Namun hal itu mengalami berbagai kendala, salah satunya Toyota berharap medapatkan insentif verupa ‘Tax Holiday’.

“Prinsipal menginginkan Tax Holiday bila ingin merakit Vios di Karawang. Proyek ini akan menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor,” ujar sumber dalam Toyota Indonesia. Sayangnya, otomotif masih belum masuk dalam lima industri yang bisa mendapat insentif Tax Holiday.

Insentif Tax Holiday sudah dikeluarkan pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri Keuangan (Kemenkeu) Nomor 130/PMK.011/2011, Dimana terdapat Pemberian Fasilitas Pembebasan dan Pengurangan PPh Badan. Namun, hingga sampai saat ini pemerintah membatasi pemberian insentif ini untuk beberapa bidang industri pionir, antara lain logam dasar, pengilangan minyak, sumber daya terbarukan dan alat telekomunikasi. Selain itu, perusahaan yang ingin menikmati insentif jika nilai investasinya paling sedikit Rp 1 trilun dan mempekerjakan 500 orang.

Usulan Insentif Pajak Untuk Otomotif

Kementrian Perindustrian sendiri sebenarnya sudah mengusulkan penurunan pajak pertambahan nilai (PPnBM) untuk sedan kecil melalui Surat Menteri Perindustrian Nomor 262/M-IND/2012, yakni insentif manufaktur di dalam negeri untuk kendaraan bermotor dengan teknologi low carbon emission (LCE), sedan dan SUV dengan teknologi konvensional.

Potensi Indonesia sebagai basis produksi Vios memang besar, karena kebutuhan Vios untuk armada taksi semakin meningkat seperti yang telah dijelaskan Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) saat peluncuran All-New Vios. “Tumpukan pesanan untuk taksi sampai saat ini mencapai 10.000 unit. Itu jumlah yang belum dipenuhi,” jelas Johnny.

Dengan semua kebutuhan kendaraan pribadi dan taksi, sudah cukup untuk merakit Vios di Indonesia. Buktinya, tahun lalu, penjualan Vios 3.122 unit untuk pribadi dan 10.938 unit untuk taksi (Limo).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here