in

Suzuki Shooter FI, Diklaim Lebih Irit Dari Smash Titan

IOTOMOTIF.com – Sepeda motor bebek injeksi terbaru Suzuki di kelas low-end, Shooter 115 FI diklaim memiliki efisiensi konsumsi bahan bakar yang lebih baik dai model pendahulunya, Smash Titan yang masih menggunakan sistem karburator. Mesin Shooter FI juga merupakan mesin pertama motor bebek low-end yang sudah mengusung teknologi injeksi. Sementara itu, para kompetitor kelas low-end masih menggunakan mesin karburator.

“Mesin Shooter merupakan yang pertama di kelas 110-115 yang menggunakan sistem Fuel Injection dan Suzuki berhasil mewujudkan bahan bakar irit sekaligus performa kencang,” ungkap Minoru Hirahara, Asistant Chief Engineer Motorcycle Product Planning Department Motorcycle Operation Suzuki Motor Corporation di Bandung, Sabtu (4/5/2013).

Hirihana juga menjelaskan bahwa efisiensi bahan bakar Shooter FI yang kencang berkat 3 elemen penting didalamnya, hal inilah yang mejadi kelebihan motor injeksi terbaru Suzuki ini sekaligus lebih irit dari saudaranya, SMash Titan.

Pertama pengurangan gaya gesek dengan tujuan menggerakan komponen secara ringan dengan tenaga seminimal mungkin.

Kedua teknologi ruang bakar yang disempurnakan dengan tujuan pembakaran lebih sempurna dengan volume pengabutan bakar untuk mencapai konsumsi lebih efisien.

Ketiga, penggunaan marterial ringan dan usia pakai yang lama dengan tujuan berat kendaraan semakin ringan sehingga mesin fokus menggerakan komponen yang memang dibutuhkan dan tidak terbuang sia-sia. Sehingga Shooter lebih irit 37 persen dibanding Smash Titan,” bebernya.

suzuki-shooter-fi

Suzuki Shooter dilengkapi dengan mesin 4-Tak 113 cc dengan sistem injeksi berpendingin udara yang mampu mengeluarkan tenaga 6,9 kW pada 8.000 rpm dengan torsi puncak 9,1 Nm pada 6.000 rpm. Hadir dalam tiga tipe varian (Baca: Varian Suzuki Shooter FI 2013) yaitu Shooter 115 Fi SR dilepas dengan harga Rp13.250.000, Shooter 115 R Rp12.450.000 dan Shooter 115 Fi Rp11.600.000. Harga tersebut berstatus On the Road Jabodetabek.

Written by Rahmanto Elfian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mazda MX-5 Generasi Baru Akan Mengusung Mesin 1.6 SKYACTIV

Modifikasi Mercedes-Benz E-Class Facelift 2014 Oleh German Special Custom