IOTOMOTIF.com – Produsen mobil asal Jerman, Volkswagen (VW) akhirnya mengumumkan rencananya untuk mengembangkan transmisi multi kecepatan seperti yang dilakukan oleh Ford dan GM. Jika Ford dan GM berkolaborasi untuk melahirkan transmisi otomatis 9 dan 10-percepatan, maka VW akan menyusul dengan menciptakan transmisi 10-percepatan kopling ganda. Tujuan ketiga pabrikan mobil ini juga sama, yakni untuk menekan konsumsi bahan bakar mobil-mobil andalannya.

Informasi ini langsung disampaikan oleh Martin Winterkorn, CEO VW, hari ini (1/5). Transmisi multi kecepatan ini adalah salah satu dari sejumlah teknologi drivetrain yang akan menjadi proyek pengembangan VW untuk jangka menengah dan panjang, selain mesin diesel dan plug -in hybrid berperforma tinggi.

“Di antara alternatif sistem penggerak, plug-in hibrida berpotensi paling besar,” ungkap Martin dalam simposium Vienna Motor, beberapa waktu lalu.

Meningkatnya produsen dan perusahaan penyuplai komponen untuk mengembangkan tranmsisi multi kecepatan ini juga didorong dengan himbauan dan keinginan pemerintah Uni Eropa dan Amerika Serikat akan efisiensi bahan bakar pada mobil-mobil keluaran terbaru.

Adapun beberapa produsen mobil yang tengah mengembangkan transmisi multi kecepatan ini diantaranya adalah Ford dan GM dengan transmisi 9 dan 10 percepatan-nya, dan Land Rover yang akan memperkenalkan Rover Evoque yang telah dibekali dengan transmisi 9-percepatan ZF Friedrichshafen. Transmisi 9-percepatan Land Rover ini juga dikabarkan akan disematkan pula pada Jeep Cherokee yang akan mulai dipasarkan pada tahun depan.

Baca  GM Resmi Perkenalkan Sail Springo, Mobil Listrik Murni