IOTOMOTIF.com – Performa KTM RC8R memasng sudah tidak perlu diragukan lagi, terutama dikalangan para pembalap. Banyak pembalap hebat memuji performa dari RC8R ini, dan menyatakan motor ini sudah layak bersaing di ajang MotoGP, Namun pihak KTM nampaknya masih belum tertarik di MotoGP.

Seperti yang diungkapkan oleh Stefan Pierer, CEO KTM. Ada dua alasan mengapa pabrikan KTM pimpinannya sampai saat ini masih berpikir ulang untuk ikut ambil bagian di MotoGP. Pierer menjelaskan masalahnya adalah dana dan stabilitas regulasi.

Mesin KTM RC8R diklaim sangat canggih dengan teknologi modern, mampu bersaing dengan BMW S1000RR maupun motor pabrikan lain yang ikut serta dalam ajang MotoGP. Namun Pierer menambahkan bahwa tingkat kecanggihan teknis di MotoGP sudah lebih tinggi daripada balapan lainnya. “Tidak bisa ikut MotoGP bila hanya untuk iseng. Ini tidak sebanding dengan usaha yang akan dikeluarkan,” jelas Pierer seperti dilansir dari laman Autoevolution.

Menurut Pierer, untuk mengikuti ajang MotoGP diperkirakan membutuhkan dana sekitar 25 juta Euro bahkan bisa lebih banyak lagi. KTM sendiri mengakui bahwa pihaknya memang merancang RC8R Evo dengan sangat rahasia. KTM mempertahankan format mesin yang sama, upgrade besar pada sektor injeksi, diameter throttle body, bore dan stroke pada tweaking untuk mendapatkan torsi maksimal. “Kami percaya KTM RC8R Evo akan masuk di seri Superbike, meskipun beberapa teknologi dapat digunakan di ajang MotoGP, mungkin kami akan memikirkannya,” tutup Stefan Pierer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here