Home » News » Global » Mobil di Amerika Serikat Harus Dilengkapi ‘Black Box’
Safety Global Technology

Mobil di Amerika Serikat Harus Dilengkapi ‘Black Box’

New York, IOTOMOTIF.com – Black Box atau biasa disebut juga kotak hitam merupakan perangkat wajib yang ada pada pesawat terbang. Ketika sebuah pesawat mengalami kecelakaan, maka hal yang dilakukan oleh regu penyelamat setelah mengevakuasi korban adalah mencarik kotak hitam.

Kotak hitam sendiri merupakan alat penyimpan data rekam penerbangan, biasanya ditempatkan pada pesawat terbang untuk kepentingan investigasi jika kecelakaan terjadi. Dimana data yang terekam dan terdapat di dalamnya bisa menentukan fakta.

Kini, penggunaan kotak hitam tidak hanya pada pesawat terbang saja dan mulai diaplikasikan pada kendaraan darat. Pasalnya, sejak 2012 National Highway Traffic Safety Administration telah lama mencanangkan ide untuk meletakan sebuah black box ataupun alat perekam di setiap mobil yang beredar di wilayah Amerika Serikat mulai 2015. Alat perekam seperti ini sebenarnya telah ada di 91,6 persen kendaraan yang dijual di Amerika, maka tidak akan menjadi hal yang aneh jika melihat ke dalam dashboard mobil keluaran General Motors, Ford, ataupun Toyota akan menemukan sebuah black box.

Namun penggunaan kotak hitam ini sebelumnya dilakukan untuk pengumpulan data oleh masing-masing pabrikan otomotif dan bukan karena peraturan pemerintah. Rencananya semua mobil model baru yang akan rilis tahun 2015, harus mengikuti regulasi ini. Bagaimanapun juga, akan ada banyak pro dan kontra yang muncul seputar kebijakan tersebut, diantaranya adalah bagaimana pabrikan memberi tahu hal ini pada konsumen baru, berapa lama data akan disimpan dalam alat rekam, dan siapa yang berhak akan data tersebut.

Hingga saat ini belum ada peraturan maupun kepastian tentang penggunaan data tersebut. Dari sisi keamanan, alat perekam juga juga membantu pemilik mengetahui kondisi mesinnya, dan dalam jangka panjang, gadget semacam ini bisa menjadi cikal bakal komunikasi antar kendaraan.









Get a weekly email with best free content
Subscribe