Tim Horas USU Siap Bertarung di Shell Eco Marathon Asia 2013

IOTOMOTIF.com – Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Sumatera Utara (USU) kembali meluncurkan mobil hemat energi berbahan bakar solar dan ethanol. Mobil hasil karya Mahasiswa teknik mesin yang tergabung dalam Tim Horas ini nantinya akan diikutkan dalam lomba Sheel Eco Marathon Asia yang akan digelar di Sirkuit Sepang Malaysia, pada 4 sampai 7 juli 3013.

“Mobil ini kami diberi nama Mesin USU III dan Mesin USU IV, yang masing-masing nantinya ditargetkan dapat menempuh jarak 150 km/liter,” kata Manajer tim Horas USU Amma Muliya Romadoni di Medan.

Sheel Eco Marathon Asia ini diselenggarakan oleh Shell oil yang menantang para kawula muda untuk menuangkan kreasi dan inovasinya dalam pembuatan kendaraan yang memiliki efisiensi bahan bakar terbaik.

Pada tahun lalu, tim Horas dari USU ini juga mengikuti ajang yang dimotori oleh Shell oil ini, hanya saja pada tahun lalu tim Horas hanya menurunkan mobil hasil karyanya di kategori ‘urban concept gasoline’ saja.

Dan untuk tahun ini, Tim Horas yang terdiri dari 24 Mahasiswa Teknik Mesin USU akan menurunkan mobil andalannya untuk turun dalam dua kategori, yaitu ‘urban concept ethanol 100% dan urban concept diesel.

Selain menurunkan dua mobil andalannya untuk bertarung didua kategori di atas, Tim Horas yang akan mengandalkan Mesin USU III dan Mesin USU IV akan mengikut sertakan keduanya untuk bersaing dalam kategori desain terbaik (best design awards), keamanan terbaik (safety awards), dan teknis terbaik (technical awards).

Sheel Eco Marathon Asia 2013 ini sendiri akan diikuti oleh 150 tim dari berbagai Universitas diseluruh Asia, dan untuk Indonesia sendiri akan diwakili oleh USU yang rencananya akan berangkat ke Sepang Malaysia, 4-7 juli 2013. Selamat berjuang Tim Horas USU!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here