Home » News » Global » Tata Pixel Akan Gantikan Tata Nano?
Global

Tata Pixel Akan Gantikan Tata Nano?

MUMBAI, IOTOMOTIF.com –Masa depan mobil termurah, Tata Nano yang sempat menghebohkan dunia otomotif kini semakin tidak pasti.  Sejak diluncurkan pada awal 2009 sampai sekarang, mobil murah besutan Tata Motors ini baru terjual sebanyak 229.157 unit. Bahkan pada Maret lalu, penjualan Nano turun 86 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Kendati demikian, Karl Slym, Managing Director Tata Motors memastikan tidak akan membunuh model mobil murahnya ini. Namun, Tata Motors akan memperkenalkan versi yang dibanderol dengan harga yang lebih mahal dengan menawarkan kualitas yang lebih baik untuk dapat kembali bersaing dengan para kompetitornya.

”Pengendara sepeda motor tidak tertarik membelinya. Banyak yang mengganggap, Nano berada di antara skuter dan mobil. Konsumen tidak menginginkan hal tersebut. Mereka ingin mobil untuk mengganti skuter,” jelas Slym.

Calon generasi terbaru Nano tersebut adalah Tata Pixel, salah satu mobil konsep Tata Motors dengan ciri khas pintu guntingnya. Tata Pixel juga sudah beberapa kali dipajang di pameran mobil internasional, Calon Nano baru ini akan dibekali dengan mesin diesel yang dipadukan dengan sistem transmisi otomatis.

Menurut beberapa pengamat otomotif, langkah Tata Motors terebut masih belum cukup untuk kembali mendongkrak citra Nano. ”Membuat versi yang lebih mahal tidak akan menaikkan penjualan. Sangat penting mengganti citra Nano sebagai mobil termurah,” komentar Haritha Saranga, profesor dari Indian Institute of Management, Bangalore.