in

Daihatsu Indonesia Rayakan Produksi Ke-3 Juta Unit

JAKARTA, IOTOMOTIF.comPT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar perayaan produksi ke-3 juta unit mobilnya sejak memulai produksi perdananya tahun 1978. Perayaan produksi ke-3 juta unit mobil Daihatsu ini digelar di Sunter Assembly Plant PT ADM yang berada di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Rabu (10/4).

Perayaan produksi ke-3 juta unit Daihatsu ini ditandai dengan penandatanganan piagam penghargaan oleh Menteri Perindustrian, MS Hidayat yang saat itu diwakili oleh Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementrian Perindustrian Budi Darmadi yang didampingi langsung oleh Presiden Direktur PT ADM, Sudirman Maman Rusdi.

Dalam acara seremonial tersebut, hadir juga Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori, Wakil Presiden Direktur Daihatsu Motor Company Masanori Mitsui dan Managing Eksekutif Officer Toyota Tsusho Corporation (TTC) Jun Eyama.

“Pencapaian 3 juta unit merupakan sejarah baru bagi Daihatsu karena menjadi produsen mobil pertama dan terbesar di Indonesia. Mobil hasil rakitan ADM sudah terbukti berkualitas baik karena juga di ekspor,” ujar Sudirman dalam sambutannya di awal seremoni.

Pencapaian 3 juta unit ini disumbangkan oleh Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza sebanyak 1.518.726 unit, Daihatsu Terios dan Toyota Rush 272.637 unit, Daihatsu Gran Max, Daihatsu Luxio dan Toyota Ace – Lite Ace sebanyak 305.137 unit dan sisanya sebanyak 925,172 unit disumbang oleh model sebelumnya (Feroza, Zebra, Ceria, Taft, Espass dan lain-lain).

Untuk mendukung produksinya, ADM bekerjasama dengan 165 perusahaan komponen lapis pertama (tier I), 850 pemasok lapis kedua (tier II), dengan melibatkan tenaga kerja mencapai 700.000 orang.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM mengatakan, Indonesia merupakan basis produksi terbesar Daihatsu di luar Jepang. “Prestasi produksi kami bukan hanya membanggakan Daihatsu, juga Indonesia,” komentar Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM.

Selain untuk memenuhi kebutuhan domestik, produk ADM juga telah diekspor ke 65 negara tujuan ekspor yang tersebar di Asia, Afrika dan Amerika Latin.

Bahkan, Daihatsu Gran Max pun telah diekspor ke Jepang, negara yang selama ini dikenal ketat dalam menjaga kualitas. Hal ini membuktikan bahwa kualitas produk ADM telah memenuhi standar kualitas global.

Written by RUDY. K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ford Siap Hadirkan 23 Mobil Andalannya di Auto Shanghai 2013

Spyshoot Honda All-New Accord Generasi Ke-9