Test Drive: Uji Konsumsi BBM Astra Daihatsu Ayla, 27,9 Km/liter

Karawang, IOTOMOTIF.com – Meskipun belum resmi diluncurkan dan belum ada harga resmi, namun Astra Daihatsu Ayla sudah mengantongi banyak pemesanan.

Dalam ajang yang bertajuk “Astra Daihatsu Ayla Eco Driving Challenge” dimana lokasi pengujian berada di sirkuit di Proving Ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat.

Seperti tema acaranya yang mengutamakan skill Eco Driving, di lintasan sepanjang 2 km ini, para peserta diharuskan mengendarai Ayla dengan metode Eco Driving. Kemudian konsumsi rata-rata bbm masing-masing peserta akan dilombakan. Tentu saja, yang teririt bakal menjadi pemenangnya.

Test Konsumsi BBM Daihatsu Ayla A/T

Pengujian yang dilakukan menggunakan Daihatsu Ayla varian Otomatis 4-speed, terbilang cukup halus dalam menyalurkan tenaga. Namun perpindahan gigi masih terasa walaupun lag tidak terlalu besar.

Ketika dilakukan test pengendaraan, metode Eco Driving akan dikawal oleh lampu indikator ECO di panel speedometer yang akan menyala selama metode tersebut dipakai. Sehingga efisiensi bbm dapat lebih optimal. Bahkan konsumsi rata-rata bbm juga dapat dipantau melalui panel MID. setelah menguji dengan metode Eco Driving dengan kecepatan puncak 50 km/jam, tapi tetap menyalakan AC, Ayla versi otomatis mampu meraih angka konsumsi bbm 19,9 km/liter.

Test Drive Daihatsu AYla MT AT 600x399 Test Drive: Uji Konsumsi BBM Astra Daihatsu Ayla, 27,9 Km/liter Gambar Foto Wallpaper

Test Konsumsi BBM Daihatsu Ayla M/T

Selanjutnya, pada pengujian Daihatsu Ayla versi Manual, dengan menerapkan metode Eco Driving, perpindahan gigi dirasakan cukup efisien pada rpm 2.500. Dengan keunggulan pada bobot mobil yang ringan (730 kg) dan didukung mesin 1.000 cc, 1KR-DE bertenaga 65 dk, kami bisa mencapai konsumsi bbm hingga 24,9 km/liter.

Pembanding Uji Konsumsi BBM

Sebagai pembanding, didatangkan 2 instruktur Eco Driving dari Daihatsu Jepang, yakni Shingo Kubo mampu mencatat efisiensi bbm hingga 27,9 km/liter pada Ayla versi manual. Sedangkan varian otomatisnya yang dikemudikan Kiyotaka Yagi tercatat memiliki konsumsi bbm hingga 21,8 km/liter.