Toyota Etios Valco, Diluncurkan di Indonesia [Galeri]

Jakarta, IOTOMTOIF.com – Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, segmen hatchback city car di Indonesia memperlihatkan peningkatan siginifikan. Di tahun 2009, total market di segmen ini mencapai 42.866 unit dan di tahun 2012 lalu, total market city car mencapai 118.244 unit atau meningkat 175,84 persen dalam kurun waktu 3 tahun.

Menjawab kebutuhan pasar atas mobil segmen city car low-hatchback, PT Toyota Astra Motor hari ini (11/3) meluncurkan mobil terbarunya, Toyota Etios Valco. Mobil terbaru Toyota tersebut di Indonesia bersaing langsung dengan Mitsubishi Mirage, Honda Brio, Nissan March dan KIA Picanto.

Nama Etios sendiri berasal dari kata “Ethos”, bahasa Yunani. Ethos memiliki arti semangat, karakter dan ideal. Sedangkan Valco berasal dari kata Falcon yang dalam bahasa Italia berarti elang. “Valco ini juga berarti Value dan Comfort sesuai dengan karakter mobil ini,” kata Johny Darmawan.

Toyota Etios Valco di Indonesia hadir dalam tiga varian yakni J, E, dan G. Toyota Etios Valco tipe J (termurah) dilepas Rp135,5 juta, tipe E (menengah) Rp149,9 juta, dan tipe G (termahal) Rp161,6 juta. Semua harga berstatus on the road Jabodetabek.

Etios Valco menggunakan mesin berkapasitas 1.197 cc DOHC 4 silinder yang memiliki tenaga 80 dk pada 5.600 RPM dan torsi puncak mencapai 104 Nm pada 3.100 RPM.Ada 6 pilihan warna, hitam, putih, biru, silver, abu-abu dan beige.

Eksterior Etios Valco memiliki desain Bold Simplicity, kesederhanaan yang tegas dengan desain bagian depan yang dinamis dan sporty serta desain yang simpel dan aerodinamis di bagian belakang. Etios Valco juga didukung dengan sporty grile dan 15″ ally wheel (E&G Type), 14″ steel wheel (J Grade).

Dalam segmen city car low-hatchback di Indonesia, Etios Valco memang hadir belakangan, namun city-car baru Toyota ini dibekali dengan kelebihan dan keunggulan yang siap bersaing dengan kompetitornya (lihat: Keunggulan dan Kelebihan Toyota Etios Valco).

Menurut Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, belakangan ini segmen hatchback mengalami perkembangan yang cukup pesat. Etios Valco akan melengkapi jajaran line-up produk diantara Toyota AGYA dan Toyota Yaris. Sebelumnya Etios Valco sudah lebih dulu mendarat di India dan Brasil.

Sedikit berbeda dengan pendahulunya Yaris, Etios Valco ini ditujukan untuk kalangan keluarga baru dan mobil pertama. Ini karena Etios didesain memiliki bagasi yang lebih luas dari Yaris. Etios Valco juga bisa menjadi pilihan bagi kaum muda yang ingin memiliki city car tapi dengan harga yang miring. Eios Valco ada di tengah pasar antara AGYA dan Yaris.

“Konsep kita, konsumen masuk pasar itu milih Toyota. Murah ada dengan AGYA, sedang dengan Etios dan mahal pilih Yaris,” tambah Johnny.