Tips Mengendarai Mobil Saat Kecepatan Tinggi

IOTOMOTIF.com – Mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi memang merupakan tantangan tersendiri bagi pengendara. Akan tetapi hal ini sangat berbahaya dan penuh dengan resiko, terutama resiko kecelakaan fatal yang selain dapat merugikan diri sendiri, juga merugikan orang lain.

Kesalahan yang banyak dilakukan adalah dalam memutar lingkar kemudi, akibat kesalahan memegang lingkar kemudi itu sendiri. Ditambah teknik pengereman yang salah. Selain itu, faktor teknis kendaraan juga bisa jadi penyebab kecelakaan, seperti kondisi ban yang sudah tidak layak pakai, sehingga pecah saat melaju di kecepatan tinggi atau mesin yang tiba-tiba rusak.

Berikut ini, iotomotif memberi sedikit Tips pengendalian mobil saat kecepatan tinggi, untuk mengurangi resiko kecelakaan saat mengendarai mobil pada kecepatan tinggi.

  1. Lakukan pemegangan lingkar kemudi dengan benar: pada posisi jarum jam 9 untuk tangan kiri dan jam 3 untuk tangan kanan. Saat terjadi putaran mendadak pada setir, tangan jangan sampai beradu atau berdempetan antara keduanya.
  2. Jika terjadi pecah ban, kendalikan kemudi dengan memutarnya ke arah berlawanan dari perubahan arah mobil dengan cepat dan terkontrol. Jangan langsung menginjak rem, karena justru mobil bisa tak terkendali.
  3. Jika jalan licin akibat hujan yang dapat mengakibatkan mobil selip, kendalikan lingkar kemudi dan jangan melakukan pengereman.
  4. Lakukan pengereman secara perlahan dan halus, jangan melakukan pengereman menda- dak. Lakukan dahulu pengendalian kemudi, dan setelah memperoleh kontrol pada mobil Anda, baru lakukan pengereman.
  5. Periksa kondisi kendaraan Anda agar layak untuk digunakan di kecepatan tinggi.

Dengan mengetahui cara mengantisipasi gangguan-gangguan yang terjadi dengan benar, hal tersebut akan banyak membantu Anda dalam menjaga keselamatan. Dengan mengikuti kursus atau latihan-latihan mengemudi aman (safety driving) Anda dapat melakukan latihan-latihan untuk mengantisipasi hal tersebut di atas.

RELATED POST