Perbandingan Mitsubishi Outlander Sport vs Honda CR-V vs Mazda CX-5

Mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) menjadi pilihan tepat sebagai mobil untuk melintasi segala medan dengan Spesifikasi dan bodynya yang lebih kuat serta Ground Clearance tinggi.

Di Indonesia baru saja kedatangan 3 model SUV terbaru yang menawarkan kecanggihan teknologi, fitur dan ketangguhan di jalan. 3 mobil SUV tersebut antara lain Mazda CX-5, Mitsubishi Outlander Sport dan All-New Honda CR-V Generasi terbaru. Bahkan Subaru pun tidak mau ketinggalan, akan mendebut SUV terbarunya, Subaru XV pada IIMS 2012.

Pada artikel kali ini, iotomotif akan melakukan komparasi terhadap 3 SUV yang baru saja di luncurkan di Indonesia yaitu Mazda CX-5, Mitsubishi Outlander Sport dan All-New Honda CR-V.

Eksterior dan Interior

Mitsubishi Outlander Sport

Dari segi tampang, SUV yang resmi masuk Indonesia pada bulan lalu itu cukup stylish. Tak kalah dengan SUV Mazda CX-5 dan Honda CR-V.

Wajahnya dilengkapi dengan grille besar dengan aksen krom yang diakui bisa melegakan udara masuk ke kabin mesin. Tak luput fog lamp bulat membantu pengendara di daerah berkabut.

Sedangkan head lamp melebar ke belakang selaras dengan bodi yang simple. Perpaduan tersebut mampu memunculkan kesan stylish di balik sebuah SUV. Sedangkan interiornya terkesan biasa-biasa saja. Tidak banyak lekukan di bagian dashboard.

Namun penumpang dan pengendara tetap nyaman karena kabin penumpang telah didesain layaknya sebuah sedan. Outlander Sport sendiri diakui bisa melibas segala medan.

Di balik lingkar kemudi tersedia paddle shift dimana memberikan kenikmatan tersendiri ketika pengendara hendak memindahkan transmisi.

Mazda CX-5

Mobil dengan bahasa desain ‘Kodo-Soul of Motion’ ini sangat berkarakter dengan head lamp dan grille honeycomb. Perpaduan itu terkesan elegan jika dikategorikan SUV Jepang terlebih dengan bodi yang tidak banyak aksen.

Sedangkan bodi belakang, desainer Mazda sepertinya lebih cerdas dan sangat proporsional. Tak banyak guratan di bodi belakang layaknya sang kakak yaitu Mazda CX-7 dan CX-9.

Sedangkan interior Mazda CX-5 cukup ruwet dengan banyak tombol di kemudi dan dashboard bagian tengah. Belum lagi layar sentuh 6 inci di tengah dashboard. Dan untuk membuat penngendara dan penumpang merasa nyaman, Mazda telah membenamkan jok empuk di setiap titik.

All-New Honda CR-V

Cr-V generasi terbaru pun tidak mau kalah bersaing dengan kompetitornya. CR-V generasi terbaru menggunakan projector lamp dengan desain dinamis dan elegan, memancarkan aura sebuah SUV-premium. Kombinasi bumper yang membentang dan grill mungil menyatukan keduanya hingga tampil mewah. Fog lamp juga tak luput dari pandangan.

Desain pelek baru menghasilkan New CR-V lebih modern. Mulai depan hingga belakang bodi CR-C sangat seksi.

Sementara interior mobil SUV itu sangat nyaman di mata lewat perpaduan warna hitam dan beige. New CR-V menggunakan Automatic with Dual Zone Climate Control memudahkan mencari temperatur ideal pada sisi pengemudi dan penumpang. Sedangkan tampilan speedometer lengkap LCD Display Panel yang memberikan informasi BBM, temperatur. Teknologi ini juga tersemat pada Outlander Sport dan Mazda CX-5.

Fitur Keselamatan

Outlander Sport dilengkapi fitur-fitur seperti Dual SRS Airbags, Antilock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA), Reinforced Impact Safety Evolution (RISE), Safety Release Brake Pedal serta Brake Override System (Smart Pedal), dan fitur ini tersedia di seluruh varian.

Mazda CX-5 menjamin keselamatan pengendara dan penumpang dengan banyak fitur seperti 6 airbag (depan, belakang dan jendela).

Dynamic stability control system dan traction control system, emergency stop signal system, hill launch assist system dan tire pressure monitoring system tak luput dipasang

Sedangkan Honda CR-V juga memberikan sesuatu yang tak kalah baik yakni dengan adanya Dual SRS Airbag, ABS dan EBD. Daan ditambah dengan tenknologi VSA (Vehicle Stability Assist) with traction control yang mencegah terjadinya oversteering maupun understeering sehingga Anda tetap terjaga pada saat berkendara di jalur berliku maupun licin.

Mesin dan Teknologi

Mitsubishi Outlander Sport disokong dengan mesin MIVEC CVT DOHC 4 Silinder dengan kapasitas 1.998 cc. Mesin cerdas generasi kedua MIVEC mampu melontarkan tenaga maksimal hingga 150 Ps pada 6.000 RPM dan torsi 197 Nm pada 4.200 RPM.

PT PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors menyediakan 3 pilihan yakni Outlander sport PX-A/T 4X2 dengan transmisi CVT Invecs III Sport Mode, Outlander Sport GLS-A/T 4X2 transmisi CVT Invecs III Sport Mode dan Outlander Sport GLX-M/T 4X2 5 percepatan manual.

Mazda CX-5 diperkuat dengan mesin SKYACTIV-G 2.000 cc port injection bensin. Untuk mesin bensinnya memiliki kompresi tinggi 14:1 (di Indonesia 13:1) yang mampu menghadirkan tenaga besar namun diakui 15 persen lebih irit bahan bakar minyak.

New CR-V dipersenjatai 2 tipe mesin yakni 2.000 cc i-VTEC SOHC dan 2.400 cc i-VTEC DOHC. Untuk mesin 2.000 cc i-VTEC SOHC mampu menghasil tenaga 148 dk pada 6.200 RPM dan torsi 190 Nm pada 4.200 RPM.

Mesin ini cukup 1 liter bensin untuk menjangkau jarak 9 km (dalam kota) dan (luar kota). Dan mesin 2.400 cc i-VTEC DOHC bertenaga 168 dk 5.800 RPM dan torsi sebesar 218 Nm pada 4.200 RPM.

Kesimpulan

Outlander Sport unggul di harga (Rp 289 juta sampai Rp 325 juta paling mahal) dan desain yang menarik, dengan DNA desain dari Lancer. Apalagi dengan fituryang cukup berlimpah.

Mazda CX-5 meski berharga mahal (Rp 375-410 juta) sangat memikat khususnya pada konsumsi BBM-nya. Mobil cukup irit meski dibawa berlari kencang.

Sedangkan All-New Honda CR-V (Rp 359 juta sampai Rp 423,5 juta) merupakan salah salah satu SUV yang cukup melegenda di Indonesia dan sulit untuk dikalahkan. Degnan fitur-fitur yang canggih, Mobil ini memiliki kualitas interior dan nyaman dikendarai. Selain itu All-New Honda CR-V ini dapat ditambah menjadi konfigurasi 7-penumpang.

  • heru

    CRV is the best…..nyaman dan mempunyai harga jual yg baik

  • ian

    outlander paling bagus dikelasnya harga udh murah kualitasnya bukan main

  • Asep

    Outlander sport mantap….

  • Jonathan

    Outlander sport bagus,paling Murah tapi kualitas tetap bagus

  • Zicko

    Ini review atau program marketing sih?

  • rian

    subaru XV nya manaaaa..???

  • donni

    CRV tetap yg terbaik, mesin 2.4 liter-nya paling bertenaga, 190 PS… mantappp…

  • GAY MASSAGE JAKARTA

    MY NAME IS JEFFREY, 28 YO AND I AM A PHILIPINA BOY LIVING AND WORKING HERE IN JAKARTA, INDONESIA.
    I DO PROFESSIONAL TRADITIONAL SENSUAL MASSAGE. I TAILOR THE MASSAGE TO THE REQUESTS OF ANY CLIENT, FOR YOU TO FORGET THIS BUSY WORLD FOR ONE HOUR AND AFTER THAT YOU WILL FEEL MUCH BETTER THAN WHEN YOU CAME.
    I AM A MOBILE MASSEUR AS WELL, I CAN GO TO YOUR PLACE.
    Able to offer a truely unbeatable relaxing massage at your home or hotel at a great price COMPLETE MASSAGE: 1 hour Rp 650.000. ($85)
    Why not relax and unwind with me? Satisfaction is guaranteed!!
    I look forward to hearing from you and to giving you a pleasurable massage
    Please call me for quickest reply at 081916714744/ +6281916714744. FOR GAY MALE ONLY & FOR CALL ONLY!