Pasar Mobil Medium MPV Indonesia Semakin Ramai

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Pasar mobil MPV keluarga kelas menengah di Indonesia semakin ramai dan bervariasi. Jika selama ini hanya didominasi oleh Nissan Serena, maka Toyota pun ingin merasakan porsi pasar medium MPV Indonesia dengan meluncurkan Toyota Nav1 / NOAH dan Mazda dengan Mazda Biante. Seakan tidak mau ketinggalan, Nissan pun akan meluncurkan All-New Serena generasi terbaru pada awal 2013 mendatang.

Untuk Toyota Nav1 sendiri, Toyota belum memberi informasi mengenai harga. Seorang sumber dari Toyota menyebutka bahwa Toyota Nav1 atau NOAH harganya akan diatas Toyota Kijang Innova dan dibawah Toyota Fortuner, jadi harganya akan berada pada kisaran Rp 300 juta dan Rp 400 juta.

Toyota Nav1 NOAH 2013 Pasar Mobil Medium MPV Indonesia Semakin Ramai Gambar Foto Wallpaper

Mobil MPV Toyota Nav1 diposisikan untuk mengisi kekosongan segmen di bawah Toyota Alphard dan diatas Toyota Kijang Innova.

Menurut Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor .Terlebih, menurut Joko, meski pangsa pasar MPV medium relatif kecil, dari tahun ke tahun terus tumbuh. Walhasil, jumlahnya pun bertambah. Porsi atau pangsa pasar mobil ini, kata Joko, bisa saja kecil dibanding varian atau segmen lain, tapi volumenya bertambah.

Untuk Nissan All-New Serena, menurut beberapa sumber Nissan, MPV kelas menengah ini akan diluncurkan pada Januari 2013. “Pastinya New Nissan Serena sudah dijual pada Januari 2013,” tutur sumber yang tidak mau disebutkan namanya ini.

Nissan All New Serena 2013 Pasar Mobil Medium MPV Indonesia Semakin Ramai Gambar Foto Wallpaper

Namun dia tak bersedia menyebutkan harga. Menurut dia, harga akan sangat bersaing. Hal itu dibenarkan Teddy Irawan, Wakil Direktur Pemasaran PT Nissan Motor Indonesia. “Sebab, New Serena itu dirakit di Tanah Air,” tambah Teddy.

Menurut Teddy pasar konsumen MPV kelas menengah akan semakin bertambah, karena jumlah kelas menengah jugaterus tumbuh.

Astrid Ariani Widjana, Manajer Pemasaran PT Mazda Motor Indonesia, tak membantah analisis Teddy.

Mazda Biante 2013 Pasar Mobil Medium MPV Indonesia Semakin Ramai Gambar Foto Wallpaper

Astrid memberi bukti. Mazda Biante, yang diluncurkannya pada Agustus lalu, hingga Oktober telah terjual 535 unit. Padahal, sebelumnya, Mazda hanya mematok target penjualan mobil berbanderol Rp 380 juta itu 100 unit per bulan.

Di Indonesia, saat ini pasar mobil MPV akan semakain ramai dengan persaingan antara Nissan All-New Serena, Mazda Biante dan Toyota Nav1/NOAH. Dengan munculnya mobil-mobil model baru yang meramaikan pasar mobil MPV kelas menengah, tentunya konsumen akan diberi banyak pilihan dan alternatif.