MPV Terbaru Mazda VX-1, Berbasis Suzuki Ertiga

IOTOMOTIF.com – Suzuki dan Mazda tengah menjalin kerjasama strategis di Indonesia. Dengan kesuksesan Suzuki Ertiga dalam segmen low-MPV di Indonesia, Mazda bersiap untuk meluncurkan Mazda VX-1 yang dibangun dari Suzuki Ertiga.

Mazda VX-1 memiliki eksterior dan interior yang sama dengan SUzuki Ertiga. Perbedaan yang terlihat hanya pada emblem dan logo Mazda yang digunakan. Kabar keadiran mobil MPV Mazda VX-1 ini telah bocor ke ranah maya lewat indianautosblog yang menampilkan produksi MAzda VX-1 di pabrik perakitan Ertiga di Indonesia.

Mazda VX-1 merupakan MPV 7 penumpang dengan kursi jok 3 baris yang disiapkan Mazda untuk pasar mobil Indonesia. Mazda VX-1 kemungkinan besar akan dirakit oleh Suzuki di pabriknya di Indonesia. Nantinya, Mazda VX-1 akan bersaing dengan MPV Ertiga, dan Avanza-Xenia.

Di Indonesia, Mazda telah memiliki varian MPV Mada8 dan Mazda Biante yang baru diluncurkan akhir 2012 lalu. Mada VX-1 sendiri dimaksudkan untuk mengisi kekosongan Mazda pada segmen low-MPV di Indonesia.

Pihak Suzuki belum memberi informasi mengenai adirnya Mazda VX-1 yang memakai basis Suzuki Ertiga. “Wah, saya no comment soal itu,” ujar 4W Marketing & DND Director PT Suzuki Indomobil Sales, Davy J.Tuilan ketika ditanyai Mazda VX-1.

Davy sendiri tidak berkomentar lebih jauh tentang bocoran foto-foto yang saat ini tersebar, dimana menurutnya hal ini masih sangat rahasia. Namun Davy tidak menampik tentang adanya Mazda VX-1 yang memakai basis SUzuki Ertiga.

“Ini confidential. Kalau memang kita merasa bisa menginformasikan, akan kita informasikan,” tandasnya.

Sementara itu 4w Sales Direcktor PT. Suzuki Indomobil Sales, Endro Nugroho mengatakan SIS bakal mengeluarkan pernyataan resmi terkait kabar tersebut.

Dia beralasan untuk saat ini, dirinya tidak bisa diinformasikan karena belum ada perkembangan lebih lanjut.

“Saya belum bisa komentar. Tunggu saja informasi resmi,” elak Endro. “Saya belum komentar. Kalau ada perkembangan kita informasikan. Tunggu pengumuman resmi saja,” tambahnya.

Pada situs kemenperin, terlihat MMI mengajukan pendaftaran Mazda VX-1 transmisi manual. Saat ini masih teka-teki soal mesin Mazda VX-1. Apakah Mazda mengubah mesinnya atau memanfaatkan mesin K-Series terbaru berkapasitas 1.373cc milik MPV Ertiga.

Kerjasama Suzuki menyangkut rebadge mobil memang sudah biasa dilakukan, misalnya Suzuku APV dengan Mitsubishi Maven, lalu di Jepang juga ada Mazda Carol dengan Suzuki Alto, termasuk Suzuki SX4 dengan Fiat Sedici yang dipasakan di Itali. Apakah hadirnya Mzda VX-1 ini akan mengikuti kesuksesan saudara kembarnya? Tunggu kabar selanjutnya tentang mobil MPV terbaru Mazda di iotomotif.