Mobil Listrik Grain, Siap Produksi Masal 2013

Surabaya, IOTOMOTIF.com, PT Great Asia Link (GRAIN) siap untuk produksi kendaraan listrik secara massal pada tahun 2013 mendatang.

Ketertarikan Grain memproduksi mobil listrik dikarenakan potensi pasar kendaraan listrik di Indonesia yang sangat bagus, terutama di wilayah jawa yang energi listriknya mengalami oversupply.

Di negara-negara maju seperti China dan Belanda, sudah banyak menerapkan kendaraan listrik sebagai alat transportasi. Di Belanda sendiri 20% pasar otomotif menggunakan listrik.

“Kapasitas produksi di pabrik kami di Kedung Anyar Gresik mampu mencapai 60.000 unit mobil listrik jenis matik dan 20.000 unit untuk mobil listrik manual,” kata Manajer Pemasaran dan Penjualan PT Great Asia Link (Grain), Haryanto Setiawan, ditemui usai menemani Menteri BUMN Dahlan Iskan menguji coba mobil listriknya, di Surabaya, Jumat.

“Mengenai varian mobil listrik yang disiapkan, ada tiga antara lain Ravi, Hivi, dan Hevi (untuk mobil listrik `pick up`),” tuturnya.

EV 3 CITY CAR mobil listrik 600x424 Mobil Listrik Grain, Siap Produksi Masal 2013 Gambar Foto Wallpaper

“Ketika memakai mobil listrik, untuk menempuh jarak 150 kilometer maka pengendara bisa menggunakan kecepatan rata-rata 120 Kilometer per jam,” katanya.

Untuk investasi, harga mobil listrik memang lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil berbahan bakar konvensional, tetapi untuk biaya operasional, mobil listrik lebih murah hingga 75% dibanding mobil yang memakai BBM Nonsubsidi.

  • Hilmi Rofif

    HIVI = Chevrolet Spark
    RAVI = Suzuki APV
    HEVI = Suzuki Carry Pick Up

  • Heri Susanto

    ini maksudnya gimana ya, yang dijual alatnya apa mobilnya? dimana mobilnya pake mobil2 merk lain yang sydah ada

  • abarama

    slongsongnya dari luar isinya bikinan sendiri kalee