Mobil Datsun Go MPV Terbaru Meluncur Hari Ini

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Nissan Motor Indonesia siap kembali memperkenalkan Datsun, merek legendarisnya di Indonesia pada 17 September, atau dua hari menjelang digelarnya ajang pameran Indonesia International Motor Show 2013.

Carlos Ghosn, selaku CEO Nissan Motor Corporation, akan memperkenalkan brand sekaligus satu dari dua model Datsun untuk Indonesia, model ini sudah dipastikan akan mengikuti kelas mobil murah ramah lingkungan (LCGC), yaitu Datsun Go Hatchback yang sebelumnya telah diperkenalkan di India, dimana dalam segmen LCGC, Datsun Go akan bersaing dengan Daihatsu Ayla, Toyota Agya dan Honda Brio. Lalu Datsun Go versi MPV yang akan menjadi kejutan sekaligus andalan Datsun dalam segmen low-MPV di Tanah Air.

“Pertama, adalah persepsi yang salah bila dikatakan Datsun adalah mobil murahnya Nissan. Saya pernah menjelaskan Nissan adalah ‘Global Brand With Global Product’, ada standar-standar global Nissan yang belum tentu sesuai dengan segmentasi pasar yang dituju,” tegas Indriani Hadiwidjaja, GM Datsun Bisnis Unit Indonesia, di markas Nissan Motor Indonesia, Jakarta, Kamis (24/7/2013).

‘Global Brand with Local Product’ yang berarti Datsun adalah sebuah brand yang berlaku di belahan dunia manapun, namun menyesuaikan dengan negara tempat dia diproduksi, Indriani memberi contoh seperti ini, “Nissan punya sebuah sesi pengujian sebagai brand global yang mengharuskan setiap produk diuji ketahanan sampai dengan -40 derajat Celcius. Sedangkan di Indonesia tidak mungkin mencapai suhu tersebut. Dengan Datsun kita menghilangkan biaya yang tidak diperlukan, atau bisa dibilang ‘invisible cost’ di mata konsumen. Jadi memang kita menciptakan produk sesuai dengan market yang kita tuju,” ungkapnya.

Hal tersebut terlihat pada Datsun Go MPV yang khusus dikembangkan untuk pasar otomotif Indonesia. Seperti yang kita ketahui, konsumen di Indonesia lebih menyukai mobil MPV yang mampu membawa seluruh anggota keluarga. Pada gelaran IIMS yang digelar beberapa hari kedepan, unit mobil Datun sudah bisa dilihat oleh publik, namun unit tersebut ternyata masih berupa mobil prototipe karena pemasaranya baru dimulai pada 2014 mendatang.