Mobil Baru Toyota Indonesia 2013, Agya dan Etios

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Toyota, sebagai pabrikan dengan penjualan terbesar di Indonesia tentunya tidak akan pernah berpuas diri dengan pencapaiannya selama ini. Untuk tahun 2013, PT Toyota Astra Motor (TAM) menyiapkan strategi penjualan mobil termasuk meluncurkan model baru maupun facelift penyegaran berbagai mobil andalannya. Terutama city car terbaru yang masuk dalam program mobibl murah LCGC. walaupun sudah banyak peminatnya, jadwal remis peluncuran mobil ini masih terhadang oleh regulasi LCGC yang tuntas hingga saat ini, padahal sebelumnya Toyota Agya diprediksi akan hadir pada awal tahun 2013 ini.

Kepastian Regulasi LCGC

Dalam tahun 2013 ini, TAM hanya menghadirkan 2 model mobil yang benar-benar baru. “Agya masih menunggu regulasi selesai, sementara varian lain yakni low hatchback juga segera meluncur,” sahut Widyawati Soedigdo, GM Corporate Planning and PR TAM. Kemungkinan besar varian low hatchback yang dimaksud adalah Etios.

Toyota Etios sendiri, tentang kehadirannya di pasar otomotif tanah air sudah banyak diberitakan media sejak 2012 lalu, bahkan spyshot pengetesan mobil city car ini banya beredar. Jika Agya diposisikan lebih rendah dengan mesin 1KR berkapasitas 1.000 cc, sementara Etios sedikit lebih tinggi dengan mesin 3NR-FE berkapasitas 1.200 cc. Namun, kapan dan berapa harga yang ditawarkan, pastinya sangat menunggu regulasi LCGC.

Masalah regulasi LCGC ini jelas sangat penting. Seandainya pemerintah menunda peluncurannya. Lalu, bagaimana dengan lini produksi yang kabarnya sudah siap produksi? apakah akan dibiarkan begitu saja. Jika Agya diluncurkan tanpamemperhitungkan regulasi LCGC, maka harga jual akan lebih tinggi sehingga terjadi efek domino yang menyebabkan harga Etios juga meningkat, kemudian juga akan berpengaruh pada mobil di posisi atasnya seperti Toyota Yaris dan All-New Avanza.

Dengan hadirnya 2 model baru Toyota memaksa tipe lain sedikit berbenah. Misalnya All-New Avanza dan Vios, lalu kemudian Toyota Rush yang saatnya mengalami revisi.

Toyota Yaris Model Baru Tidak Hadir Tahun Ini

Seperti dijelaskan sebelumnya, tahun ini TAM hanya menghadirkan 2 model yang benar-benar baru, yaitu Agya dan Etios. Walaupun banyak rumor memberitakan kehadiran Yaris facelift terbaru di pasar Indonesia, ternyata hal itu dimentahkan oeh TAM. “Yaris belum ada rencana perubahan di tahun ini,” yakin Widyawati. Tampaknya TAM belum berani menghadirkan menghadirkan Yaris terbaru ini di Indonesia, melihat kondisi pasar mobil Indonesia yang labil dan tren yang selalu berubah,Toyota memilih bermain aman dengan hanya mengeluarkan 2 model baru dan sedikit revisi untuk model-model yang sudah ada.

RELATED POST