Mobil Baru Indonesia Meluncur Sepanjang 2014

IOTOMOTIF.com – Memasuki tahun 2014, merek-merek mobil yang dipasarkan di Indonesia telah menyiapkan jajaran mobil-mobil andalannya untuk tetap bersaing di pasar. Mulai dari segmen mobil LCGC, MPV, SUV, Sedan hingga segmen mobil mewah.

Tren mobil LCGC yang sudah dimulai pada akhir 2013 lalu nampaknya akan berlanjut hingga 2014 ini. Terutama mobil low-MPV yang merupakan pasar paling diminati konsumen Indonesia. Segmen mobil crossover kompak, pada tahun 2014 ini diyakini akan semakin beragam, dimana para pabrikan siap merilis mobil-mobil barunya di segmen ini. Sementara segmen city-car hatchback yang beberapa tahun lalu sudah mulai jenuh akan kembali disegarkan dengan kehadiran dua rival hatchback di Tanah Air, yaitu All-New Honda Jazz 2014 dan All-New Toyota Yaris 2014, dan beberapa model dari merek lain.

Melanjutkan tradisi seperti tahun sebelumnya (Mobil Baru Indonesia 2013-2014), kali ini IOTOMOTIF.com memberikan prediksi mobil-mobil baru yang akan hadir di Indonesia sepanjang tahun 2014-2015. Model mobil baru yang hadir mulai mobil yang benar-benar baru atau all-new, facelift hingga major dan minor changes.

Toyota

Toyota sebagai pemimpin pasar otomotif di Tanah Air tentu saja menyiapkan senjata-senjata andalannya untuk tahun ini. Bila sebelumnya pada tahun 2013 lalu pabrikan asal Jepang ini merilis All-New Vios, maka pada tahun 2014 ini akan dirilis Vios Hatchback atau lebih dikenal dengan nama Toyota Yaris. All-New Toyota Yaris model baru 2014 ini sebelumnya telah diungkap sosoknya pada akhir tahun 2013 lalu dalam versi TRD-Sportivo.

Selain itu, Toyota juga siap meluncurkan mobil medium-sedan, All-New Toyota Corolla Altis 2014 pada semester pertama tahun ini. Dimana kehadiran All-New Corolla Altis baru di Indonesia menjadi debut yang pertama di Asia. Tidak lupa Toyota juga akan merilis varian penyegaran dan facelift dari mobil MPV Boxy Toyota Nav1 (NOAH) serta  Toyota Rush dan Toyota Fortuner. Juga beredar rumor bahwa Toyota Indonesia juga akan memboyong SUV Toyota RAV4 yang akan mengisi segmen dibawah Toyota Fortuner.

Honda

Tidak mau kalah dengan kompetitornya, PT Honda Prospect Motor (HPM) menyiapkan line-up mobil andalannya untuk meluncur di Indonesia sepanjang 2014. Sebagai pembuka tahun, akan diluncurkan All-New Honda Odyssey 2014 yang hadir dengan penampilan baru yang modern dan segar, serta fitur-fitur penunjang lainnya. Tidak lupa Honda juga siap merilis pesaing dari All-New Yaris dalam segmen hatchback, yaitu All-New Honda Jazz untuk pasar Tanah Air.

Yang paling utama, sebagai jagoan baru HPM, yaitu Honda Mobilio siap mengisi segmen low-MPV. Mobil MPV Murah Honda ini siap mengaspal, bahkan pemesanan sudah mulai dibuka sejak gelaran IIMS 2013 tahun lalu. Selain itu akan ada pula facelift dari Honda City 2014. Mobil SUV Premium Honda Vezel yang baru saja mendebut pada Tokyo Motor Show 2013 juga dirumorkan akan hadir di Indonesia.

Suzuki

Saat menggelar acara media gathering akhir tahun 2013, Suzuki mengaku belum mau sesumbar untuk mengungkap mobil-mobil barunya pada 2014 ini dengan alasan sedang fokus pada Suzuki Ertiga dan Karimun Wagon R.

Namun tidak berarti Suzuki diam saja melihat kompetitornya meluncurkan jajaran produk-produk mobil baru di Tanah Air. Yang paling ditunggu-tunggu dari pabrikan otomotif berlogo huruf ‘S’ ini tentu saja mobil Crossover All-New Suzuki SX-4 generasi terbaru yang naik kelas menjadi mobil segmen-C, tentunya sangat cocok bila diadu dengan Honda Vezel. Selain itu, diprediksi bahwa Suzuki akan melakukan facelift pada Suzuki APV, Swift dan Ertiga.

Daihatsu

Daihatsu memang dikenal jarang dalam merilis mobil barunya, seolah sudah puas dengan Daihatsu Xenia dan Ayla sebagai andalannya. Pada tahun 2014 ini, Daihatsu dikabarkan siap menghadirkan versi penyegaran dan facelift pada Daihatsu Luxio, begitu pula dengan Daihatsu Terios dan Daihatsu Sirion.

Chevrolet

Chevrolet semakin agresif memperkuat cengkraman brand nya di Tanah Air dengan menghadirkan produk baru. Salah satunya adalah penyempurnaan dan facelift dari mobil MPV 7-penumpang Chevrolet Spin dengan menghadirkan versi mewahnya. Bahkan Chevrolet juga akan membuka paket khusus yang memungkinkan konsumen melakukan custom pada Spin.

Dalam segmen SUV, Chevrolet diprediksi akan merilis Captiva terbaru, begitu pula dengan mobil lain seperti Trailblazer, Colorado dan Orlando.

Nissan

Di penghujung tahun 2013 lalu Nissan telah merilis New Nissan March model baru beserta varian baru bermesin 1.5-liter. Untuk tahun 2014 ini, Nissan siap menghadirkan jagoannya dalam segmen mobil sedan, yaitu All-New Teana model baru.

Selain itu Nissan juga siap meluncurkan All-New Nissan X-Trail 2014 baru yang tampil berbeda dibanding model pendahulunya.

1 2

RELATED POST