Komparasi Bahan Bakar All-New Xenia dan Avanza

Membandingkan dua mobil favorit keluarga Indonesia, All New Toyota Avanza G 1.3 A/T dan  All New Daihatsu Xenia 1.3 R A/T sangatlah sulit. Ibarat dua saudara kembar identik, hanya perhiasan atau pakaian saja yang bisa membedakan keduanya. Sama-sama menjadi varian tertinggi di kelasnya membuat keduanya layak untuk disandingkan.

Selain performa mesin dan stabilitas yang sama, juga konsumsi bahan bakar pun tak berbeda jauh, dengan sumber tenaga hingga penyalur daya semuanya serupa. Begitu pun desain yang menghasilkan cd (coefficient of  drag) atau hambatan anginnya juga idem.

Dalam hal ini All New Daihatsu Xenia  memiliki banyak fitur aksesori dibandingkan All New Toyota Avanza G 1.3 A/T, tetapi secara bobot tidak signifikan membutuhkan tenaga mesin berlebih, sehingga gak mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Dengan penggunaan dan cara mengemudi yang relatif sama, konsumsi bahan bakar di antara keduanya pun serupa. Seliter bensin untuk jarak 8,9 km di dalam kota, lantas konstan sekitar 15 km per liter serta luar kota 13 km per liter.

RELATED POST