Kelebihan dan Keunggulan Etios Valco Dibanding Kompetitor

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Ahirnya setelah penantian yang panjang, Toyota Indonesia/PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan city car Toyota Etios di Tanah Air, yang semakin memanaskan persaingan mobil segmen city car low-hatchback dan berhadapan dengan Honda Brio, Mitsubishi Mirage, Nissan March, Suzuki Splash dan KIA Picanto.

Dalam persaingan mobil kecil ini, meskipun hadir belakangan, Etios Valco memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki kompetitor lainnya. Apa saja keunggulan dari Etios Valco ini ?

Dimensi

Dari segi dimensi, memang Toyota Etios Valco beda tipis dengan pesaingnya. Etios Valco memiliki dimensi 3.775 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 mm maka secara garis besar Etios Valco lebih mirip dengan Nissan March yang berdimensi 3780 mm x 1665 mm x 1.525 mm (Panjang, lebar, dan tinggi).

Mesin

Toyota Etios Valco Indonesia menggunakan mesin 3 NR-FE 4 silinder 16 Valve DOHC milik Etios Valco menghasilkan daya maksimum di angka 80 PS pada 5.600 rpm dengan torsi maksimum 10,6 Kg/m pada 3.100 rpm. Secara statistik tenaga kuda yang dimilik Etios Valco masih di bawah KIA Picanto (87 PS pada 6,000 rpm), dan sedikit di atas Mitsubishi Mirage (77 PS pada 6000 rpm).

Sementara ini semua tipe Etios Valco hanya akan tersedia dalam model transmisi manual. Hal ini disebabkan strategi Toyota lebih melirik pasar lebih besar di daerah luar Jakarta yang lebih menyukai transmisi manual dibanding otomatis.

Fitur

Hanya Etios Valco yang menempatkan cluster instrument di tengah dashboard tidak seperti para pesaingnya. Posisi ini selain dapat memudahkan pandangan mata pengemudi mengamati jalan sekaligus membantu semua penumpang untuk memonitor kondisi mobil.

Fitur unggulan Etios Valco adalah dual airbag, sistem ABS dan EBD pada semua tipe. Desain pada ruang kaki pengemudi dan penumpang yang terbilang cukup luas. Pendingin yang juga mengalir pada laci dashboard, berikut card holder dan utility pocket memiliki kesan khusus.

Harga

Harga Etios Valco terendah adalah Tipe J yang dihargai dengan harga Rp135,5 juta meskipun model ini sudah dilengkapi dengan dual SRS airbag namun belum dilengkapi dengan power steering dan piranti entertainment seperti headunit.

Selain tipe J, Etios Valco tipe lainnya adalah tipe G yang dipatok harga Rp 149,9 juta, dan varian tertingginya tipe E dibanderol dan Rp 161,6 juta. Seluruh harga ini berstatus On the Road Jabodetabek.

  • dukdukpret

    kelebihan di banding brio apa ya??? kok kayanya brio masi di atas…..