Ini Dia Sosok Calon Pengganti Bajaj dari Swedia

JAKARTA, IOTOMOTIF.com – Kunjungan kenegaraan yang dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Swedia, ternyata membuahkan hasil. Salah satunya adalah dengan akan hadirnya pengganti Bajaj dari Swedia, yaitu Zbee yang merupakan kendaraan tiga roda seperti Bajaj yang dibekali dengan tenaga listrik yang ramah lingkungan.

Kunjungan SBY ke Swedia pada 27-29 Mei juga menjadi sejarah, pasalnya kunjungan terakhir kali pemimpin Indonesia ke Swedia adalah pada 3-5 Mei 1959 pada saat itu adalah kunjungan Presiden RI pertama yaitu Ir. Soekarno.

Kunjungan SBY ke Swedia tersebut bertujuan untuk menjalin kerjasama di berbagai bidang, salah satunya adalah menciptakan era kendaraan ramah lingkungan di Indonesia dengan menghadirkan pengganti Bajaj, yaitu Zbee.

SBY juga dikabarkan telah melihat kendaraan yang dikembangkan oleh Clean Motion tersebut pada saat kunjungannya pada beberapa hari yang lalu. Dan sepertinya hal tersebut tidak akan menunggu lama, pasalnya produksi pertama Zbee dikabarkan akan mulai dilakukan pada Agustus mendatang di Jawa Timur meskipun tidak dijelaskan dimana lokasi tepatnya.

Kabarnya mobil yang diproyeksikan akan menjadi pengganti Bajaj ini juga akan diperkenalkan di Indonesia pada 12 Juni mendatang di Jakarta. Dalam acara tersebut, Gubernur Jakarta, Jokowi juga akan diundang untuk menyaksikan langsung kendaraan yang memang memiliki bentuk seperti Bajaj di Balai Kota Jakarta.

Meskipun memiliki wajah yang sama dengan Bajaj roda tiga, Zbee akan tampil sangat berbeda berkat tenaga listrik yang membuatnya sangat ramah lingkungan.