Harga Toyota Etios Valco Mulai Rp 130 Juta

Jakarta IOTOMOTIF.com – Toyota Indonesia akhirnya siap meluncurkan mobil sub-kompak segmen A yang diberi nama Etios Valco di Indonesia. Penamaan Toyota Etios Valco sendiri memang khusus untuk membedakan dengan mobil Toyota Etios yang lebih dulu dipasarkan di India dan Brazil. PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen tunggal pemegang merek di Tanah Air menambahkan kata “Valco” (lihat: Toyota Etios Valco segera diluncurkan).

“Mengapa Valco? Karena Etios ini dibuat berdasarkan permintaan spesifikasi khusus Indonesia,” komentar Widyawati Soedigdo, GM Perencanaan Korporasi dan Hubungan Masyarakat TAM (1/3/2013).

Mobil baru Etios Valco direncanakan akan dilundurkan di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, disusul dengan sesi uji coba pada sepekan kemudian di parkiran Gelora Bung Karno, Jakarta. Etios Valco juga jadi model terbaru Toyota yang dirakit di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Karawang, setelah selama ini merakit MPV Kijang Innova dan SUV Fortuner (lihat: Etios Valco Dirakit di Indonesia).

Toyota Etios Valco akan mengisi segmen citycar bermesin 1200 cc diatas Toyota Agya dan dibawah Toyota Yaris. SIap bersaing dengan kompetitornya seperti Nissan March, Mitsubishi Mirage, Honda Brio, dan Suzuki Splash. Dari pendaftaran uji tipe kendaraan bermotor di Kementerian Perindustrian, Toyota Indonesia juga memastikan hanya memasarkan Etios Valco dalam tiga varian, yang semuanya dibekali transmisi manual. Untuk harga Toyota Etios Valco ini akan dijual dengan harga sekitar Rp 130 jutaan.