Daihatsu Sirion dan Chevrolet Captiva Dinobatkan Sebagai Mobil Terhijau

IOTOMOTIF.com – Daihatsu Sirion dan Chevrolet Captiva dianugerahi mobil paling hijau di Indonesia. Predikat ini diperoleh dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) Republik Indonesia kepada Sirion dan Captiva, karena keduanya memiliki kandungan emisi atau gas buang terendah.

Daihatsu Sirion bertransmisi manual dinyatakan memiliki emisi terendah untuk versi bensin. Sedangkan, Chevrolet Captiva 2.0L AWD FL transmisi otomatis dinyatakan sebagai yang terhijau untuk kategori mobil berbahan bakar solar.

“Pengujian dilakukan pada mobil baru yang beredar di Indonesia. Program ini dilakukan untuk mendorong pabrikan kendaraan untuk menciptakan mobil-mobil yang ramah lingkungan sebagai bagian dari kampanye Langit Biru,” jelas Balthasar Kambuaya, Menteri Lingkungan Hidup saat penyerahan penghargaan di Jakarta, Senin (17/12).

KLH menguji 23 unit mobil dengan bahan bakar bensin dan 5 unit mobil untuk bahan bakar solar. Setiap kendaraan ini diuji oleh Balai Termodinamika Mesin dan Propulsi (BTMP)-BPPT di Puspitek, Serpong, Tangerang.